Jakarta, CNBC Indonesia – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) kembali ditutup di zona merah pada perdagangan Kamis (28/3/2024), di tengah masih berlangsungnya sidang sengketa hasil Pemilihan Umum (Pemilu) 2024di Mahkamah Konstitusi (MK).

IHSG ditutup melemah0,29% ke posisi 7.288,81. IHSG pun terkoreksi ke level psikologis 7.200, setelah bertahan di level psikologis 7.300 dalam beberapa hari terakhir.

Nilai transaksi indeks pada akhir perdagangan hari ini mencapai sekitar Rp 11,7 triliun dengan melibatkan 15 miliaran saham yang diperdagangkan sebanyak 1,1 juta kali. Sebanyak 164 saham naik, 445 saham turun, dan 172 saham stagnan.

Secara sektoral, sektor transportasi kembali menjadi penekan terbesar IHSG di akhir perdagangan hari ini, yakni mencapai 2,92%. Selain itu, sektor industrial juga menekan IHSG sebesar 1,29%.

Selain itu, beberapa saham juga terpantau menjadi penekan (laggard) IHSG pada akhir perdagangan hari ini. Berikut daftarnya.










Emiten Kode Saham Indeks Poin Harga Terakhir Perubahan Harga
Bank Rakyat Indonesia (Persero) BBRI -23,38 6.050 -3,20%
Astra International ASII -5,64 5.150 -2,37%
Barito Renewables Energy BREN -2,92 5.375 -1,38%
Telkom Indonesia (Persero) TLKM -2,33 3.470 -0,57%
Indo Tambangraya Megah ITMG -1,67 26.700 -6,07%
United Tractors UNTR -1,48 24.175 -1,73%

Sumber: Refinitiv

Emiten perbankan raksasa kedua di Indonesia yakni PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) menjadi penekan terbesar IHSG pada hari ini, yakni mencapai 23,4 indeks poin.

IHSG kembali ditutup melemah di tengah berlanjutnya sidang sengketa Pemilu 2024 atau Pilpres 2024 hari ini dengan agenda mendengarkan jawaban dari Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

MK memberikan kesempatan kepada KPU sebagai pihak yang dijadikan termohon. KPU diberi kesempatan untuk merespons gugatan dari Ganjar Pranowo-Mahfud MD dan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar.

Selain memberikan kesempatan kepada KPU, MK juga memberikan kesempatan kepada Bawaslu. MK juga memberikan waktu bagi tim hukum Prabowo-Gibran untuk memberikan keterangan sebagai pihak yang terlibat.

Suhartoyo menjelaskan bahwa sidang gugatan yang diajukan Anies dan Ganjar akan digabungkan pada hari ini. Agenda sidang kedua gugatan tersebut adalah mendengarkan jawaban dari semua pihak terkait.

MK kemudian meminta konfirmasi ulang kepada tim Ganjar-Mahfud mengenai kehadiran 19 saksi yang akan dihadirkan. Saksi-saksi tersebut dapat terdiri dari saksi-saksi dan ahli.

Baik Anies-Muhaimin maupun Ganjar-Mahfud meminta MK untuk membatalkan hasil Pilpres 2024 dan juga menginginkan MK untuk mendiskualifikasi Prabowo-Gibran dari Pilpres 2024.

Berlanjutnya gugatan hingga diterimanya pemeriksaan dapat menjadi sentimen negatif untuk pasar keuangan, sebab hal ini dapat menjadi kekhawatiran investor akan ketidakpastian kondisi politik Indonesia.

Meski demikian, data historis menunjukkan gugatan MK sejak 2004-2019 belum pernah dikabulkan.

Sementara dari eksternal, pernyataan beberapa pejabat bank sentral Amerika Serikat (AS), The Federal Reserve (The Fed) yang cenderung mengarah ke dovish dinilai pasar masih belum cukup jelas. Ketidakpastian masih ada di tengah inflasi AS yang cukup panas dan pasar tenaga kerja yang ketat.

Pelaku pasar juga kini tengah menanti pada data klaim pengangguran AS periode 23 Maret 2024 yang akan rilis malam nanti pukul 19.00 WIB.

Melansir Trading Economics, konsensus memperkirakan tingkat klaim pengangguran akan mencapai 215 ribu, lebih tinggi dibanding pekan sebelumnya yang hanya mencapai 210 ribu.

CNBC INDONESIA RESEARCH

[email protected]

Sanggahan: Artikel ini adalah produk jurnalistik berupa pandangan CNBC Indonesia Research. Analisis ini tidak bertujuan mengajak pembaca untuk membeli, menahan, atau menjual produk atau sektor investasi terkait. Keputusan sepenuhnya ada pada diri pembaca, sehingga kami tidak bertanggung jawab terhadap segala kerugian maupun keuntungan yang timbul dari keputusan tersebut.

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Habis Cetak Rekor IHSG Balik Lesu, Saham Ini Biang Keroknya


(chd/chd)




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *