Jakarta, CNBC Indonesia – KB Bank bekerja sama dengan distributor alat berat, PT United Tractors Tbk (UNTR) untuk memberikan kemudahan akses finansial kepada pelanggannya yang ingin melakukan pembelian alat berat.

Kerja sama ini menjadi bentuk komitmen KB Bank sebagai bagian dari entitas layanan keuangan terbesar di Korea Selatan, KB Financial Group, untuk mendukung pertumbuhan ekonomi, salah satunya melalui sektor konstruksi, pertambangan, dan perkebunan di Indonesia.

Dalam kerja sama ini, KB Bank akan menawarkan sejumlah keunggulan, diantaranya bunga yang lebih kompetitif, proses yang lebih cepat, struktur kredit yang lebih mudah dan disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing pelanggan, serta jangka waktu pembiayaan yang fleksibel hingga 5 tahun.

Dengan berbagai keunggulan tersebut, KB Bank optimis akan mampu membantu penjualan alat berat UNTR, dengan potensi kredit lebih dari Rp 1,6 Trilliun.

Direktur Bisnis UKM & Wholesale KB Bank, Yohanes Suhardi, mengatakan pihaknya sangat senang dapat berkolaborasi dengan UNTR yang dikenal sebagai distributor alat berat terkemuka di Indonesia.

“Kami berharap fasilitas pembiayaan alat berat ini dapat mendukung bisnis UT serta menjaga pertumbuhan positif kinerja kredit KB Bank,” ujar Yohanes, Rabu, (27/3/2024).

Sementara itu, Direktur UNTR, Iwan Hadiantoro pun mengatakan, pihaknya berkomitmen melakukan kerja sama dengan berbagai pihak untuk memberikan produk dan layanan berkualitas kepada pelanggan.

Melalui kerja sama ini, UNTR berharap nantinya pelanggan dapat dengan mudah memperoleh askes pinjaman finansial untuk pembelian alat berat.

“Selain itu, UNTR juga berharap dapat meningkatkan market share di sektor agro, forestry, konstruksi dan mining non-coal yang menjadi target UNTR kedepannya,” ujar Iwan.

KB BankFoto: dok KB Bank

Sekadar informasi kemitraan ini ditandai dengan seremoni penandatangan fasilitas kredit yang diadakan di UNTR Head Office. Acara ini dihadiri oleh perwakilan KB Bank, diantaranya Direktur Bisnis UKM & Wholesale KB Bank, Yohanes Suhardi; Division Head MSME Product & Business Support Husnul Khatimah, dan MSME Product Department Head, Jhon H. Hutagalung.

Kemudian perwakilan dari UNTR diantaranya Direktur UNTR, Iwan Hadiantoro; Division Head Corporate Finance & Accounting UNTR, Yudistira; Department Head Treasury UNTR, Budget & Control UNTR, Ramandika; dan Department Head Collection & Remedial UNTR, Zulkarnain Sitepu.

Kerja sama KB Bank dengan UNTR yang merupakan anak usaha dari PT Astra International Tbk (Astra), diharapkan tidak berhenti sampai pembiayaan alat berat saja.

“Kami akan menjajaki skema kerja sama rantai pasok (value chain business) melalui pembiayaan spare parts, dan overhaul alat berat sebagai solusi finansial terintegrasi. Melalui kerja sama ini diharapkan akan tercipta sinergi yang lebih besar, lebih inklusif dan lebih terintegrasi antara KB Bank dan UT. Terlebih KB Bank dan UT memiliki komitmen yang sama dalam penerapan prinsip keberlanjutan yang sejalan dengan pilar Environment, Social, dan Governance (ESG),” tambah Yohanes.

Komitmen KB Bank untuk meningkatkan alokasi pembiayaan berkelanjutan sejalan dengan nilai-nilai KB Financial Group dan KB Kookmin Bank sebagai pemegang saham pengendali KB Bank, yang merupakan leader pembiayaan berbasis Environment, Social, dan Governance (ESG) di Korea Selatan.

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Rebranding, KB Bank Tingkatkan Layanan & Kontribusi ke Ekonomi RI


(dpu/dpu)




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *