Jakarta, CNBC Indonesia – Kejaksaan Agung (Kejagung) telah menetapkan suami Sandra Dewi, Harvey Moeis, sebagai salah satu tersangka dalam kasus korupsi komoditas timah yang ditengarai berpotensi merugikan hingga Rp 271 triliun. Terbaru, Kejagung juga telah melakukan penggeledahan di rumah Harvey Moeis.

Saat ini, sejumlah aset pribadi dan pergerakan uang yang pernah dilakukan oleh Harvey pun tak luput dari perhatian Kejagung.

Sebelumnya, Harvey dikabarkan memiliki saham di sejumlah perusahaan batu bara lain, seperti PT Refined Bangka Tin, PT Sariwiguna Bina Sentosa, PT Stanindo Inti Perkasa, CV Venus Inti Perkasa, dan PT Tinindo Inter Nusa.

Kehidupan Harvey dan Sandra memang dikenal royal. Keduanya menggelar resepsi pernikahan di Disneyland Tokyo, Jepang. Kemudian salah satu anak mereka, Raphael Moeis, sempat menjadi sorotan karena mendapat hadiah jet pribadi saat ulang tahun yang pertama.

Kejagung menegaskan bahwa tidak menutup kemungkinan aset-aset tersebut dapat saja disita, namun saat ini masih menelusuri lebih lanjut terkait potensi adanya Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) dalam kasus tersebut.

“Sebagaimana telah kita sampaikan bahwa dalam setiap penanganan perkara tindak pidana korupsi kami selalu menelusuri juga potensi adanya TPPU sehingga itu sudah menjadi protap kami, TPPU sudah kita lakukan, bahkan Helena Lim sudah kita sangkakan dalam TPPU, tidak tertutup kemungkinan terhadap HM,” kata Direktur Penyidikan Jampidsus Kejagung Kuntadi dikonfirmasi, Senin (1/4/2024).

Terkait dengan harta benda penyitaan dan sebagainya, Kuntadi menyebut penelusuran masih sedang dilakukan oleh Kejagung. Dirinya menegaskan bahwa sepanjang barang barang tersebut ada kaitannya menjadi alat atau merupakan hasil kejahatan, pasti akan dilakukan penyitaan.

Terkait potensi Sandra Dewi ikut terseret dalam kasus yang sedang menimpa suaminya, Kejagung menyebut pihaknya masih belum bisa membicarakan secara gamblang tampa dukungan bukti yang kuat.

“Terkait dengan kemungkinan, kami tidak bicara kemungkinan, tadi sudah kami sampaikan penegakan hukum dasarnya adalah alat bukti. Kami tidak akan berandai-andai,” jelas Kuntadi.

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Harvey Moeis-Helena Lim, Ini Daftar 16 Tersangka Korupsi PT Timah


(fsd/fsd)




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *