Jakarta, CNBC Indonesia – Indeks yang berisi 45 saham likuid dan berfundamental baik di Bursa Efek Indonesia (BEI) terpantau masih banyak yang memiliki valuasi murah.

CNBC Indonesia merangkum 20 emiten dari 45 konstituen indeks LQ45 dengan nilai valuasi yang murah berdasarkan metrik price to book value (PBV) yang dibandingkan dengan rata-rata PBV selama lima tahun.

PBV yang masih murah ditunjukkan dengan nilainya yang lebih rendah dibandingkan rata-rata, sebagai berikut :


Perlu diketahui bahwa valuasi ini sangat berhubungan dengan harga saham. Oleh karena itu, jika harga saham koreksi maka valuasi juga bisa turun.

Akhir-akhir ini saham perbankan big caps yang masuk sebagai konstituen LQ45 mencatatkan koreksi harga saham yang cukup signifikan. Jika koreksi masih berlangsung, maka valuasi juga bisa semakin terdiskon.

Beberapa yang bisa dipertimbangkan masuk portofolio seperti PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI), PT Bank Central Asia Tbk (BBCA), PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI)l dan PT Bank Mandiri Tbk (BMRI).

Sebagai catatan, prospek big bank masih menarik juga dipengaruhi oleh profitabilitasnya yang solid. Pada 2023 lalu, keempat bank tersebut mencatatkan kinerja laba bersih tertinggi sepanjang masa.

BBRI mencetak paling banyak secara nominal mencapai Rp60,43 triliun, tumbuh 17,50% secara tahunan (yoy).

Sementara yang mencatat pertumbuhan laba paling pesat secara tahunan ada BMRI sebesar 33,70% yoy menjadi Rp55,10 triliun. Dua emiten bank lainnya, yakni BBCA mencatat laba Rp48,60 triliun, sementara laba BBNI sebanyak Rp20,09 triliun.


CNBC INDONESIA RESEARCH

Sanggahan : Artikel ini adalah produk jurnalistik berupa pandangan CNBC Indonesia Research. Analisis ini tidak bertujuan mengajak pembaca untuk membeli, menahan, atau menjual produk atau sektor investor terkait. Keputusan sepenuhnya ada pada diri pembaca, sehingga kami tidak bertanggung jawab terhadap segala kerugian maupun keuntungan yang timbul dari keputusan tersebut.

[Gambas:Video CNBC]



Artikel Selanjutnya


Tiba-Tiba Jadi Penghuni LQ45, Ini Profil Mitra Pack (PTMP)


(tsn/tsn)




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *