Jakarta, CNBC Indonesia – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) terpantau berhasil menguat pada perdagangan sesi I Kamis (4/4/2024), setelah kemarin sempat terkoreksi nyaris 1%.

Per pukul 09:32 atau 32 menit setelah pembukaan sesi I hari ini, IHSG menguat 0,56% ke posisi 7.207,18.IHSG pun kembali ke level psikologis 7.200, setelah kemarin terkoreksi ke level psikologis 7.100.

Nilai transaksi indeks pada sesi I hari ini sudah mencapai sekitar Rp 2 triliun dengan melibatkan 2,5 miliaran saham yang berpindah tangan sebanyak 185.284 kali.

Secara sektoral, sektor bahan baku menjadi penopang terbesar IHSG di sesi I hari ini, yakni mencapai 1,27%.

Selain itu, beberapa saham juga terpantau menjadi penopang IHSG di sesi I. Berikut daftarnya.


Saham perbankan raksasa kembali menjadi penggerak utama IHSG di sesi I hari ini, dengan saham PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) menjadi penopang terbesar yakni mencapai 14,7 indeks poin.

IHSG berhasil menguat setelah kemarin merana hingga ambles nyaris 1%. Pergerakan IHSG masih cenderung volatil, mengingat perdagangan tinggal menyisakan dua hari lagi sebelum libur panjang Lebaran Idul Fitri 1445, sehingga mungkin dalam dua hari kedepan, pasar cenderung sepi.

Di lain sisi, IHSG menguat di tengah masih derasnya dana asing yang keluar dari pasar keuangan RI. Berdasarkan data pasar hingga Rabu kemarin, asing di pasar saham tercatat melakukannet sellsebesar Rp 2,13 triliun, dengan rincian sebesar Rp 1,8 triliun di pasar reguler dan sebesar Rp 320,67 miliar di pasar tunai dan negosiasi.

Sedangkan selama sepekan terakhir hingga kemarin, asing di pasar saham mencatatkannet sellsebesar Rp 4,96 triliun, dengan rincian sebesar Rp 4,97 triliun di pasar reguler dannet buysebesar Rp 8,77 miliar di pasar negosiasi dan tunai.

Di lain sisi, sidang sengketa Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 juga masih berlangsung. Adapun agenda sidangsengketa Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) adalah Pembuktian Pihak Terkait dari pasangan calon (paslon) AniesBaswedan-MuhaiminIskandar dan GanajrPranowo-MahfudMD.

Namun pada Jumat besok, menjadi yang ditunggu-tunggu oleh pelaku pasar, mengingat beberapa menteri akan hadir dalam sidang tersebut sebagai saksi. Ini adalah kali pertama sidang menghadirkanmenteri yang akan menjadi saksi dan dimintai keterangan.

Kehadiran menteri ke MK dijadwalkan pada Jumat besok pukul 08.00 WIB. Adapun empat menteri yang dipanggil MK adalah Muhadjir Effendy, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan; Airlangga Hartarto, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian; Sri Mulyani Indrawati: Menteri Keuangan dan Tri Rismaharini, Menteri Sosial.

Sri Mulyani selaku menteri keuangan akan memberikan keterangan seputar pengelolaan anggaran negara. Sementara, Risma menyampaikan terkait bantuan sosial.

Sidang PHPUdi MK bukan kali pertama terjadi. Indonesia menggelar pemilihan presiden (pilpres) pada 2004,2009, 2014, 2019, dan 2024. Hasil pilpresselalu digugat ke MK.

Pada periode sebelum 2024, MK biasanya menghadirkan saksi dari kubu yang berseteru dan tidak sampai memanggil menteri.

CNBC INDONESIA RESEARCH

[email protected]

Sanggahan: Artikel ini adalah produk jurnalistik berupa pandangan CNBC Indonesia Research. Analisis ini tidak bertujuan mengajak pembaca untuk membeli, menahan, atau menjual produk atau sektor investasi terkait. Keputusan sepenuhnya ada pada diri pembaca, sehingga kami tidak bertanggung jawab terhadap segala kerugian maupun keuntungan yang timbul dari keputusan tersebut.

[Gambas:Video CNBC]



Artikel Selanjutnya


IHSG Cetak Rekor Baru Lagi! Ditutup Melesat 1,11%


(chd/chd)




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *