CNBC Indonesia – PT Indosat Tbk (ISAT) yang dikenal sebagai Ooredoo Hutchison mengungkapkan alasan pemilihan Solo sebagai kota tujuan investasi kecerdasan buatan (AI) dengan Nvidia.

SVP Head of Corporate Communications Indosat Ooredoo Hutchison Steve Saerang, mengatakan ada 3 hal yang menjadi pertimbangan kenapa mereka memilih Solo.

Pertama adalah budaya atau culture, ia menyebut, budayanya di Solo cukup kuat yang berarti etos kerja mereka tinggi. Karena dari investasi ini mereka mau mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) di bidang AI yang siap untuk bekerja.

Kedua, karena di Solo ada universitas-universitas yang juga bisa mendukung AI.

“Misalnya, ada research yang dibutuhkan, maka bisa kolaborasi dengan universitas tersebut,” kata Steve saat ditemui di Kantor Indosat, Kamis (18/4/2024).

Terakhir, pemerintah kota Solo juga siap dan mendukung, karena tempatnya sudah tersedia Solo Techno Park. Itu kenapa Solo menjadi keputusan bersama untuk menjadikannya sebagai center of excellent AI.

Dikabarkan sebelumnya perusahaan chip asal Amerika Serikat, Nvidia, akan berinvestasi di bidang AI di Indonesia.

Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi mengungkap nilai investasi Nvidia akan bernilai US$ 200 juta atau sekitar Rp 3 triliun.

Di Indonesia, Nvidia bekerja sama dengan Indosat dan akan membangun Indonesian AI Nation yang rencananya akan berlokasi di Solo Techno Park.

“Ada komitmen dari Nvidia dan Indosat untuk berinvestasi senilai 200 juta dolar alias 3 triliun rupiah untuk membangun Indonesian AI nation,” ujarnya saat ditemui media di Kantor Kominfo beberapa waktu yang lalu.

Ketika ditanya kenapa memilih Solo, Budi mengatakan, bahwa sumber daya manusia-nya sudah mumpuni, begitu juga dengan infrastrukturnya.

“Pak Vikram [CEO Indosat] udah sampaikan itu ke pak walikota ke pak Gibran bahwa Indosat dan Nvidia komitmen untuk investasi dalam bentuk infrastruktur dan peningkatan SDM senilai 200 juta dolar.” kata dia.

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Ini Penjelasan Bos Indosat (ISAT) Terkait Gedung Pemancar Kebakaran


(dem/dem)




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *