Jakarta, CNBC Indonesia – Bulan April sudah berakhir tetapi musim pembagian dividen terus berlanjut. Setidaknya ada 18 yang sudah mencatatkan jadwal pembagian dividen.

Adapun pada hari ini, Selasa (30/4/2024) ada tiga emiten yang melewati periode cum date, yakni PT Chitose Internasional Tbk (CINT), PT Trisula Textile Industries Tbk (BELL), dan PT Asuransi Multi Artha Guna Tbk (AMAG).

Dari tiga emiten tersebut, AMAG jadi yang paling royal dengan yield yang didapatkan bisa mencapai 8,88% jika dapat di harga per hari ini di Rp60 per lembar.

Emiten berikutnya yang potensi membagikan dividen besar ada dari sektor rokok, yakni PT HM Sampoerna Tbk (HMSP). Dividen per lembar yang dibagikan sebesar Rp69,3, ini setara dengan 8,06% keuntungan.

Adapun emiten batubara PT Prima Andalan Mandiri Tbk (MCOL) dan PT Multipolar Technology Tbk (MLPT) yang potensi memberikan keuntungan hingga lebih dari 7%. Kemudian disusul emiten perkapalan, PT Trans Power Marine Tbk (TPMA) dan emiten alat berat PT United Tractors Tbk (UNTR) dengan yield di kisaran 6%.

Perkiraan yield tersebut didasarkan menggunakan harga per akhir 2023, artinya jika mendekati cum date harga semakin naik potensi keuntungan juga bisa lebih rendah.

Cum Date sendiri merupakan periode terakhir di mana investor masih bisa membeli saham dengan hak mendapatkan dividen. Biasanya mendekati periode ini harga saham akan terkerek naik, karena minat pasar yang tinggi.

Namun, perlu diantisipasi juga ada risiko dividen trap. Pasalnya, dividen yield tinggi juga berbanding sama dengan potensi koreksi harga yang bisa terjadi ketika periode ex-date.

Selengkapnya, bisa check tabel berikut untuk rincian pembagian dividen hingga 8 Mei 2024 :


CNBC INDONESIA RESEARCH 

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Mark Dynamics (MARK) Kasih Bocoran Soal Dividen Tahun Ini


(tsn/tsn)




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *